
Pasar XAUUSD minggu ini benar-benar diguncang sentimen ekstrem. Terjadi tarik-menarik kuat antara faktor fundamental makro dan pergerakan teknikal.
Berikut rangkuman faktor pemicunya:
- Safe-Haven vs Suku Bunga: Eskalasi konflik Timur Tengah seharusnya mendorong daya tarik emas. Sayangnya, potensi lonjakan energi memicu ketakutan inflasi, sehingga spekulasi kenaikan suku bunga The Fed kembali mendominasi.
- Dolar & Yield Obligasi: Rilis inflasi AS sempat memberi napas segar untuk buyer, tapi langsung dipatahkan oleh kokohnya indeks Dolar (DXY) dan tingginya imbal hasil obligasi AS.
- Tekanan Teknikal: Akibat tekanan tersebut, harga gagal mempertahankan area resistance $4.138. Terjadi aksi profit-taking masif yang menyeret harga turun ke zona abu-abu.
Saat ini, emas sedang berjuang mati-matian menahan area support psikologis di level $4.000. Jika level ini tertembus, risiko tren bearish lanjutan akan semakin terbuka lebar.
Dengan badai sentimen makro sekencang ini, strategi apa yang sedang kalian gunakan? Kalian tim yang nunggu pantulan di bawah, atau nekat scalping memanfaatkan volatilitas? 👇
*Trading Derivatif Mengandung Risiko Tinggi
#XAU/USD# #gold# #forextrading# #technicalanalysis# #fundamentalsanalysis#
免責事項:本記事で述べられている見解は著者の見解のみであり、Followmeの公式見解を反映するものではありません。Followmeは、提供された情報の正確性、完全性、信頼性について一切責任を負いません。また、書面で明示的に記載されている場合を除き、本記事の内容に基づいて行われたいかなる行動についても責任を負いません。
